Rabu, 15 Februari 2012

Boreup Honda Supra X 125 200cc

Boreup Honda Supra X 125 200cc

Halo bro pecinta kecepatan.. ketemulagi dengan ane.. ini hari ane mau bagi ilmu gima cara boreup mesin suprax 125 menjadi 200cc... ceritanya ane punya motor supra x 125 std.. iseng tuh motor dipake harian.. ketemu di jalan ama si Jupe ( bukan Julia Perez )MX 135 nyalip motor ane.. ane kerjar tuh motor.. pas di kecepatan 110km/jm kena tuh c jupe 135, eh dia malah tarik gas lagi...ane juga coba imbangi.. dapet d 120km/jm..eh malah narik gas lagi.. c jupe nya.. motor ane dah ampun-ampunan tuh..akhirnya ga ke kejar tuh c jupe... nyape rumah ane muter otak tuh.. gimana bisa ngejar c jupe.. akhirnya ketemu sobat.. nyaranin untuk di boreup tuh motor... ya udah ane langsung boreup tuh c supra.. pake piston 54 jenong,...kelar aja 2 hari.. suatu hari ane keluar kota ketemu ama c jupe mx lagi... dia dah pake knalpot racing... kebetulan yang ane lalui jalur pantura tek lurus nya naujubillah...he..he.. weng.. c jupe ngebut.. ane kejar tuh ...eh ternyata c jupe kena di kecepatan 135 km/jm... udadeh di tinggal ama ane... motor ane cc nya jadi naek 132 cc maklum udah di kohar ( Cdi, Noken As, karbu ).
beberapa bulan kemudian ane ketemu ama suzuki satria 150 FU... pas di jalan ane coba ilmu ane di kecepetan..eh malah di asepi ama suzuki... nyampe rumah ane mikir lagi tuh... ampe kepala botak...he..he.. dapat tuh ide rada gile.. ane coba boreup motor ane pake piston Tiger, trus stroke ane naikin 3 mm aja... terpaksa crankcase.. ane jebol.. untuk ngejabanin c FU.. utak atik.. akhirnya kelar tuh motor... ane itung sekarang cc nya naek jadi 202cc... wow lumayan juga ya.. ane abis duit lumayan sekitar 2 jeti an ( Beli blok mesin second, seher Tiger, naik stroke ame tukang bubut gitu)red... suatu hari ane coba tuh motor ..kebetulan di lampu merah ada Vixion, MX, FU... lampu ijo nyala... wes tiga motor tu..langsung ngibrit tancep gas...pool..motor ane masih di belakang... pas ada kesempatan ane deketin dulu c Jupe... kena di 130 km/jm...satria FU sama Vixion kena di 140km/jm... wes..wes... motor ane ngepol gas...lumayan jauh... ketinggalannya tuh tiga motor.... hik..hik.. sekarang ane rasa cukup buat harian mah... mo tau rahasianya.. nih :
1. CDI Varro supra x 125
2. Karbu PE 28
3. Knalpot Madein Dewek
4. Piston tiger std ( 63.5mm)
5. Pin Kruk As naek 3mm
6. Klep + Per Sonic
7. Kampas Kopling BRT
8. Petramax
Gitu bro... yang baru ane pake.... motor masih di pake harian ...maklum jauh kalo jan kaki...
biaya... 2 juta dah dapet blok silinder second karisma...
Wes..wes... si ijo lewat... RR 250 Kawasaki... wah.. ane mikir lagi nih.... gimana kalo beli CBR 1000RR enak kali ya... do'a in ya.. supaya kebeli tuh motor.. biar damai di hati.... semoga jadi bahan penghibur lara di hati bro sekalian ... yang punya cita-cita punya motor kuenceng... Tetap Semangat dan Sehat Selalu Bro.... wasalam...

RIWAYAT BALAP

Kumpulan Motor Balap

 
 
Modif Honda Supra X 125, 2011 (Tangerang)

Honda Supra X 125, Pencetak Sejarah Honda

Wahyu Widodo tidak hanya lolos dari ganasnya siksa ‘neraka’ sirkuit Kenjeran di IndoPrix (IP) Seri IV (30/10) lalu. Tapi, mampu menapaki podium dua, sekaligus mencetak sejarah sebagai pembalap yang disokong pabrikan Honda meraih podium di balapan paling bergengsi Indonesia 2011.

“Rahasianya mengatur rasio kompresi,” bisik Akiang, pawang Honda Supra X 125 besutan Wahyu. Dalam ilmu motor bakar, rasio kompresi memegang peranan penting. Karena, di sinilah power motor diatur. Tenaga mesin mau dibikin galak atau lembut, ya memang kompresi mesin ini yang diutak-atik. Biasanya ditandai dengan angka.

Angka menyatakan perbandingan volume antara volume total silinder dengan volume ruang bakar. Isi total itu penjumlahan dari volume silinder dan volume ruang bakar. Volume silinder simbolnya V2. Sedang volume ruang bakar diberi simbol V1. Sehingga perbandingan kompresi memakai rumusan, Cr= (V1+V2)/(V1).

Nah, semakin tinggi rasio kompresi, semakin sempit V1 atau semakin besar V2, semakin tinggi pula tenaga yang dihasilkan. Artinya, semakin kecil volume ruang bakar berarti pemadatan bahan bakar–udara jadi semakin padat, sehingga ledakan pembakaran semakin besar, semakin besar pula tenaganya.

Namun tidak selamanya tenaga besar menguntungkan. Contohnya di Kenjeran kemarin, Akiang justru menurunkan kompresi. “Biasanya pakai kopresi 13,7 : 1. Tapi kemarin cukup 13,2 : 1,” tegas pria kutilang alias kurus tinggi langsing ini.

 Kem dipercaya durasi 273 derajat baik untuk klep in maupun out. Komporesi 13,2 : 1, mujarab!
Kompresi turun, panas yang dihasilkan juga tidak begitu tinggi. Jadi bisa awet karena suhu Kenjeran yang saat itu terik ketika sesi balapan.

Selain itu, kompresi tinggi juga bikin tenaga galak. Motor lebih liar dan susah dijinakkan. Akibatnya, langkah masuk-keluar tikungan jadi merepotkan. Makanya, paling pas kompresi rendah.

Apalagi motor dipacu sejauh 30 lap di Kenjeran. Itu  setara dengan 27 kilometer. Ditambah lagi dengan siksaan suhu udara yang mencapai 42 derajat celcius. Suhu di lintasan lebih gila lagi, 72 derajat celcius, Bro! So, kompresi rendah bikin mesin awet dari risiko mesin jebol.

Toh meski begitu, suplai bahan bakar tetap menjadi fokus perhatian berikutnya. Karena, bahan bakar, selain sebagai sumber tenaga, juga sebagai pendingin mesin.  Makanya, diperlukan bahan bakar beroktan tinggi.

Kenapa harus pakai oktan tinggi? Oktan bertugas mencegah agar jangan cepat terbakar! Bukankah bensin yang mudah terbakar lebih oke? Oh no itu tidak benar. Pada waktu pembakaran telah ditentukan berdasarkan siklus atau langkah kerja mesin.

Langkah singkatnya begini, bensin disedot oleh mesin dikompresi pada langkah kompresi sekaligus dicampur dengan udara. Pada saat inilah terjadi kenaikan suhu dan tekanan bensin di dalam silinder. Suhu tersebut bisa memicu bensin terbakar dengan sendirinya alias pembakaran dini. Bahasa londonya, pre-ignition. 

Makanya, untuk mencegah pre-ignition inilah ditambahkan oktan di dalam bensin. Dulu biasa disebut timbel atau PB.  Makin tinggi nilai oktan, tambah hebat kemampuan mencegah pre-ignition.

Itulah mengapa Akiang tidak mentah-mentah mempercayakan pada bensol biru. Oktan bensol biru (100) dirasa masih kurang mengolah panas. Makanya harus dicampur lagi dengan bahan bakar balap alias racing fuel bermerek VP yang memiliki oktan 110. 

Bukan hanya pemakaian oktan yang lebih tinggi, kandungan aditif pada VP juga diyakini lebih kaya. Bensin balap ini dioplos dengan perbandingan 1:3. 1 liter VP dipadu 3 liter avgas biru.

Selanjutnya, tinggal mengatur debit oplosan bahan bakar tadi ke mesin dengan paduan spuyer gajah. Karburator Mikuni TM 28 diisi spuyer 150/25. Semprotan bahan bakar ini dibakar pada 35 derajat sebelum piston menyentuh Titik Mati Atas (TMA) di putaran mesin  7-9 ribu rpm.

Hasilnya efektif. Tenaga Supra X 125 racikan tim Honda OEI Aries Putra Federal Oil Kawahara INK ini tidak pernah ngedrop meski sudah dipacu 30 lap.

Suhu mesin pun tidak mengkhawatikan. Dilihat pada data logger, menunjukkan angka 132 derajat celcius. Asal tahu saja, motor akan macet bila suhu mesin menyentuh 165 derajat. Padahal, motor ini meraung hingga 16 ribu rpm.

Enggak heran jika Wahyu mencetak sejarah Honda. Karena kompresi turun dan kadar timbel dalam additif. Sehingga suhu mesin lebih turun dengan panas yang tidak melonjak tinggi. Juga didukung busi tahan panas menggunakan Denso Iridium UI 27. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Klep: Sonic ukuran 28/23
CDI: Rextor
Durasi kem : 273 derajat
Lift kem: 9,3
Ban: IRC 
Penulis : Ipunk | Teks Editor : Nurfil | Foto : Chandra
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar